Ternyata, dulu saat komputer pertama kali diciptakan, banyak orang yang belum mengerti bagaimana menggunakan komputer. Tidak seperti jaman dulu, pada jaman sekarang hampir semua orang di muka bumi ini sudah mengerti bagaimana menyalakan komputer, mengetik dengan komputer, memutar musik dengan komputer, dan lain-lain. Jim Cartlon,
seorang wartawan Wall Street Journal, baru-baru ini mengumpulkan keluhan dari
para konsumen komputer di Amerika. Dan ternyata keluhan mereka jauh lebih konyol
daripada yang kita kira.
Berikut petikan keluhan-keluhan konsumen yang super konyol itu:
1. Compaq
pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah "Press ANY Key"
menjadi "Press ENTER Key" dikarenakan banyaknya telepon yang
menanyakan letak tombol "ANY" di keyboard.
2. AST
Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse.
Saat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa
digunakan, karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya
(seorang wanita) takut dengan mouse (tikus) sehingga tidak berani
mengeluarkannya dari dalam plastik. Takut diserang mouse komputer ya?
3. Di tahun
1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq pernah menerima
keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer.
Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam
mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.
4. Sebuah keluhan
lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit
dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang
terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima
foto kopi disket dari konsumen tersebut.
5. Seorang
konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer.
Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau
konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara memegang kertas yang
akan di fax di depan monitor, sambil menekan tombol "SEND" di layar.
6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, "Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, dan membilasnya dengan air, lalu menjemurnya”.
6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, "Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, dan membilasnya dengan air, lalu menjemurnya”.
7. Seorang
konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru
dibelinya. "Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya
tekan pedal kaki, tidak terjadi apa-apa." Setelah diselidiki ternyata
"pedal kaki" yang dimaksud orang itu adalah mouse.
8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah "power switch" sudah dinyalakan, dia balik bertanya, "Power switch apa?"
8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah "power switch" sudah dinyalakan, dia balik bertanya, "Power switch apa?"
9. Berikut
adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen :
Penelepon : Hallo, dengan Tech Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon : Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?
Novell : Tatakan cangkir? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?
Penelepon : Tidak. Tatakan cangkir ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan "CD-ROM, 16X".
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon dan tertawa terbahak-bahak).
Penelepon : Hallo, dengan Tech Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon : Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?
Novell : Tatakan cangkir? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?
Penelepon : Tidak. Tatakan cangkir ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan "CD-ROM, 16X".
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon dan tertawa terbahak-bahak).
Hahaha.... gimana? Lucu dan konyol banget, kan? Semoga Anda merasa terhibur dengan artikel ini :D
0 komentar:
Posting Komentar